Baca Klasik

Sastra Klasik itu Asyik!

“Eyes of a Blue Dog” – Gabriel Garcia Marquez

shita hapsari

Judul cerita pendek karya Gabriel Garcia Marquez ini dapat diterjemahkan kira-kira menjadi “Mata Seekor Anjing Biru”. Tapi, siap-siap, tidak ada seekor anjing pun yang terlibat dalam cerita ini.

Kisah diawali oleh pencerita yang sedang duduk di kursi pada sebuah sudut ruangan dan bertemu pandang dengan seorang wanita. Pencerita berusaha mengingat-ingat; apakah ini kali pertamanya melihat si wanita, ataukah wanita itu yang sedang memandangnya untuk pertama kali? Wanita tersebut berdiri di samping lampu sambil menghangatkan dirinya. Mereka berpandangan beberapa menit lamanya. Dan tiba-tiba si pencerita mengingat semuanya dan menyebutkan kata sandi itu: “eyes of a blue dog”. Wanita itu membalasnya dengan kata-kata yang sama.

Setelah menelusuri kalimat demi kalimat yang mereka ucapkan, barulah sedikit demi sedikit plot cerita ini terbaca. Pria yang menjadi penutur cerita di sini bertemu sang wanita itu di dalam mimpinya. Demikian pula si wanita, bertemu si pencerita melalui mimpinya. Mereka sudah berhubungan dengan cara demikian selama beberapa…

Lihat pos aslinya 359 kata lagi

Single Post Navigation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: